PDAM Kota Bogor Himbau masyarakat Bogor Memakai Toren

BOGOR-GemilangNews.Com

Masyarakat Kota Bogor di himbau agar menggunakan ” toren ” tempat penampungan air selama bulan suci Ramadhan guna menjaga stabilitas keberlanjutan aliran air atas anjuran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat.

“Agar kualitas dan tekanan air yang digunakan pelanggan stabil, terutama pada saat jam tinggi pemakaian, sebaiknya gunakan toren,” kata Pjs Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Deni Surya Sanjaya kepada Antara, Selasa.

Menurutnya selama bulan Ramadhan terjadi pergeseran pola pemakaian air selama Ramadhan, yakni lebih tinggi saat malam hari.

Berbeda di hari biasanya pemakaian tinggi terjadi pagi 07.00 WIB sampai 09.00 WIB, dan dari pukul 17.00 sampai 19.00 WIB.

“Terjadi pergeseran pola pemakaian, selama Ramadhan ini tingkat pemakaian tinggi malam hari mulai dari pukul 18.00 WIB dan 03.00 WIB,” katanya.

Ia mengatakan perubahan ini dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat selama Ramadhan lebih banyak menggunakan air pada malam hari untuk keperluan berbuka puasa, Taraweh dan sahur.

Tekanan air dari pipa PDAM sampai ke konsumen normalnya sebesar 5 sampai 6 barr atau sama dengan 50 meter kolom air.

Pada puncak pemakaian tinggi, tekanan menurun menjadi 0,3 sampai 0,5 barr.

“Manfaatkan penggunaan toren, jadi pada saat puncak pemakaian tinggi, warga masih bisa menggunakan air dengan tekanan yang sama. Sekaligus dapat menghemat, dan takaran air bisa dibatasi,” kata Deni.

Selain untuk mengantisipasi penurunan tekanan air, manfaat “toren” juga untuk menjaga pasokan air terutama saat terjadi kebocoran pipa, yang disebabkan oleh tingginya pemakaian pada jam-jam tertentu.

“Adanya perubahan pola pemakaiannya biasanya berpengaruh pada pipa, tidak menutup kemungkinan ada titik yang mengalami kebocoran,” katanya.

‎ “Sejauh ini kami memastikan pasokan air bersih untuk warga aman dan lancar. Dan kualitas kita jaga sesuai dengan standar kesehatan,”ujarnya‎.

Reporter: SAR

CopyAMP code

Reader Interactions

Trackbacks

  1. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: gemilangnews.com/2016/06/08/pdam-kota-bogor-himbau-masyarakat-bogor-memakai-toren/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: gemilangnews.com/2016/06/08/pdam-kota-bogor-himbau-masyarakat-bogor-memakai-toren/ […]

JELAJAHI

error: Content is protected !!