Gerhana Matahari adalah Peristiwa Semesta

Makassar – GemilangNews.com.

Peristiwa gerhana matahari bukan saja peristiwa di Makassar atau peristiwa nasional atau global. Tapi, ini merupakan peristiwa semesta yang membuktikan kebesaran Allah SWT, untuk itu kita harus mensyukuri karena gerhana datangnya dalam waktu yang cukup lama sekitar 53 tahun atau 375 tahun untuk satu titik.

Hal ini diungkapkan Walikota Makassar, Danny Pomanto dihadapan ummat muslim yang memadati Anjungan Pantai Losari untuk melaksanakan shalat gerhana. Selain datang untuk shalat, juga ada yang datang khusus untuk menyaksikan gerhana matahari lewat layar monitor, Rabu ( 09/03/2016 ) di Anjungan Pantai Losari-Makassar.
Menurut Danny, gerhana matahari ini dilihat dari tiga sudut pandang, pertama dari sudut pandang relegius dimana karena kebesaran-Nya matahari dan bulan bisa bertemu disatu titik kemudian berpisah, kedua dari sudut pandang ilmu pengetahuan dan ketiga dari sudut pandang budaya.
Sementara itu dari pihak BMKG menjelaskan, Di Indonesia Gerhana Matahari Total melintasi 12 provinsi; mulai dari Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah ( Palangkaraya ), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate dan Maba). Tetapi jalur totalitas gerhana tidak melalui semua kota di provinsi.
Bagi yang di luar wilayah tersebut dapat menikmati gerhana Matahari meski tidak total yaitu Medan (77,6%), Denpasar (76.44%), Makassar (88,54%), Jayapura (73.79%).
Reporter : Ardhy Basir